Jumat, 29 Januari 2010

Perbedaan beberapa Database

Basis data Oracle adalah basis data relasional yang terdiri dari kumpulan data dalam suatu sistem manajemen basis data RDBMS. Perusahaan perangkat lunak Oracle memasarkan jenis basis data ini untuk bermacam-macam aplikasi yang bisa berjalan pada banyak jenis dan merk perangkat keras komputer (platform).
Basis data Oracle ini pertama kali dikembangkan oleh Larry Ellison, Bob Miner dan Ed Oates lewat perusahaan konsultasinya
Kinerja Oracle® Database 10g Release 2 Melebihi Microsoft SQL Server 2005

Oracle Database 10g merupakan database yang pertama kali didesain untuk aktivitas Enterprise Grid Computing. Oracle Database 10g mampu untuk memotong biaya operasional sembari memberikan service yang berkualitas tinggi. Dia mampu untuk secara cepat merespon terhadap kebutuhan bisnis dengan risiko yang rendah. Selain itu produk ini juga sangat mudah untuk dideploy dan juga dipelihara
Pada studi langsung perbandingan biaya yang dilakukan oleh Edison Group, Oracle® Database 10g Release 2 terbukti secara substansial lebih mudah dikelola dibandingkan Microsoft SQL Server 2005. Sehingga hal ini dapat memberikan peningkatan produktifitas dan penghematan biaya bagi database administrator (DBA). Edison Group, sebuah firma analis dan konsultan teknologi yang memberikan produk berdaya saing serta inteligensi pasar, telah melakukan test akurat atas kemampuan pengelolaan Oracle Database 10g Release 2 dan Microsoft SQL Server 2005. Edison Group melakukan benchmark atas langkah dan waktu yang dibutuhkan untuk menyelesaikan pekerjaan pengelolaan database yang biasa dilakukan dan menyimpulkan bahwa perusahaan yang menggunakan Oracle Database 10g Release 2 sebagai pengganti Microsoft SQL Server 2005 mendapatkan manfaat manfaat berikut ini.
• 38% waktu lebih sedikit bagi DBA untuk melakukan tugas-tugas administrasidatabaseyang biasa dilakukan.
• Kompleksitas yang berkurang, dengan penurunan 30% pada tahapan yang dibutuhkan untuk melakukan tugas-tugas administrasi yang sama.
• Penghematan tahunan sampai dengan US$31,664 per DBA, yang diakibatkan dari produktifitas yang meningkat.
DB2
IBM DB2 adalah produk perangkat lunak server data, dengan akar dating kembali ke 1970-an. Ini adalah sistem manajemen database relasional yang datang dalam berbagai versi, berjalan pada perangkat mulai dari handheld ke mainframe. Jika Anda memerlukan informasi lebih lanjut tentang cara untuk mendapatkan hasil maksimal dari ini top-of-the-line RDBMS, kita ada di sini.

MY SQL
MySQL adalah sebuah perangkat lunak sistem manajemen basis data SQL (bahasa Inggris: database management system) atau DBMS yang multithread, multi-user, dengan sekitar 6 juta instalasi di seluruh dunia. MySQL AB membuat MySQL tersedia sebagai perangkat lunak gratis dibawah lisensi GNU General Public License (GPL), tetapi mereka juga menjual dibawah lisensi komersial untuk kasus-kasus dimana penggunaannya tidak cocok dengan penggunaan GPL

MY SQL SERVER
Microsoft SQL Server adalah sebuah sistem manajemen basis data relasional (RDBMS) produk Microsoft. Bahasa kueri utamanya adalah Transact-SQL yang merupakan implementasi dari SQL standar ANSI/ISO yang digunakan oleh Microsoft dan Sybase. Umumnya SQL Server digunakan di dunia bisnis yang memiliki basis data berskala kecil sampai dengan menengah, tetapi kemudian berkembang dengan digunakannya SQL Server pada basis data besar.
Microsoft SQL Server dan Sybase/ASE dapat berkomunikasi lewat jaringan dengan menggunakan protokol TDS (Tabular Data Stream). Selain dari itu, Microsoft SQL Server juga mendukung ODBC (Open Database Connectivity), dan mempunyai driver JDBC untuk bahasa pemrograman Java.
Bahasa kueri (Bahasa Inggris: query language) adalah suatu bahasa komputer yang digunakan untuk melakukan permintaan terhadap basis data dan sistem informasi. Jenis-jenis bahasa ini antara lain:
• SQL; bahasa kueri yang terkenal untuk basis data relasional
• MDX; bahasa kueri untuk basis data OLAP
• DMX; bahasa kueri untuk model penggalian data

Transact-SQL (disingkat T-SQL) adalah jenis bahasa untuk basis data SQL yang dikeluarkan oleh perusahaan Microsoft dan Sybase.
Kita terlebih dahulu akan membahas sedikit tentang Microsoft SQL Server. Microsoft SQL Server merupakan produk RDBMS (Relational Database Management System) yang dibuat oleh Microsoft. Orang sering menyebutnya dengan SQL server saja. Ini kadang membingungkan bagi kalangan awam karena sebelumnya ada pula terminology SQL. Microsoft SQL Server juga mendukung SQL sebagai bahasa untuk memproses query ke dalam database dan kita tahu bahwa SQL ini sudah digunakan secara umum pada semua produk database server yang ada di pasaran saat ini. Microsoft SQL Server banyak digunakan pada dunia bisnis, pendidikan atau juga pemerintahan sebagai solusi database atau penyimpanan data. Berbagai macam skala bisnis mulai skala yang kecil sampai skala enterprise bias menggunakan Microsoft SQL Server sebagai database servernya


.

Tidak ada komentar:

Posting Komentar